BANGUN JIWA KADER BANGSA ANTI KORUPSI

, 20 Agustus 2018 - 15:02:41

IMG_8414

IMG_8488

Mahasiswa Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang mendapat tamu spesial. Ratusan mahasiswa berasal dari Fakultas Hukum tersebut mendapat pemahaman bahaya korupsi dalam Kuliah Umum ‘Membangun Kader Bangsa Anti Korupsi’ yang disampaikan langsung Fungsional Spesialis PJKAKI KPK RI, Johnson Ridwan, Senin (15/1).

 

Dekan Fakultas Hukum UKB Palembang Davis, SH, MHum berpendapat, budaya korupsi sudah berakar di dalam kehidupan manusia. Hal ini terlihat dari mayoritas badan atau lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah yang terbebas dari korupsi.

 

“Korupsi ini sudah masuk dalam extra organized crime (kejahatan yang terorganisir), hal itu terlihat dari korupsi menjadi budaya dan berakar di setiap lini kehidupan. Oleh sebab itulah, kami mencoba untuk berupaya melakukan pencegahan korupsi di kalangan mahasiswa dengan menghadirkan KPK dalam memberikan kuliah umum,” kata dia

IMG_8414

 

Lebih jauh dia menjelaskan, budaya korupsi yang sudah berakar di lembaga pemerintah akan berimbas negatif bagi masyarakat. “Sebagai contoh, jika ada pembangunan puskesmas yang dikorupsi, akibatnya akan mengganggu ribuan masyarakat yang ingin berobat. Karena itulah, Fakultas Hukum UKB mencoba menanamkan mahasiswa bagaimana buruknya akibat korupsi,” terangnya.

 

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Ferroka Putra Wathan, B.Eng mengaku konsentrasi dalam pencegahan korupsi di kalangan mahasiswa. Salah satu langkah yang dilakukan berupa membangun jiwa anti korupsi dalam diri mahasiswa.

IMG_8430

“Sebetulnya budaya korupsi ini berawal dari hal yang kecil. Budaya ini selanjutnya sangat merusak moral dari bangsa Indonesia,” kata dia.

 

Untuk itulah, pihaknya melakukan secara rutin melaksanakan kegiatan dengan materi pemberantasan anti korupsi yang dilakukan oleh Fakultas Hukum. Dengan begitu diharapkan, jiwa anti korupsi bisa tertanam di dalam diri mahasiswa.

 

“Memang untuk mata kuliah sendiri materi pemberantasan korupsi belum sampai kepada SKS. Tapi kita tiap tahun rutin melaksanakan pemahaman bahaya anti korupsi,” ucapnya.

 

Sementara itu, Pejabat Fungsional Spesialis PJKAKI KPK RI, Johnson Ridwan menyambut baik adanya ide dari kampus UKB Palembang untuk memberikan penyadaran kepada mahasiswa terkait bahaya korupsi. “Kesadaran anti korupsi harus ditanamkan kepada generasi muda di Indonesia sejak dini tak terkecuali bagi mahasiswa,” katanya. RIS

BERITA LAINNYA

  • UPCOMING EVENTS