Fakultas Kesehatan Universitas Kader Bangsa menjadi tuan rumah dalam “Basic Training of Public Health (BToPH) & Public Creative Competition (PHCC)” yg diikuti FKM se SUMBAGSEL.

Sabtu,16 November 2019

Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HIMAKESMA) Universitas Kader Bangsa Palembang mengadakan kegiatan “Basic Training of Public Health (BToPH) & Public Creative Competition (PHCC) bertepatan pada hari Sabtu, 16 November 2019 di Aula Lantai 4 Universitas Kader Bangsa Palembang dengan mengangkat Tema “ Membangkitkan Semangat Baru Mahasiwa Kesehatan Masyarkat yang Berkualitas dan Mampu Bersaing Secara Global”.

Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa kesehatan masyarakat dari setiap Institusi di Wilayah I baik anggota tetap maupun anggota peninjau dan calon ISMKMI ini bertujuan mengenalkan kepada mahasiswa baru kesehatan masyarakat tentang konsep dasar ilmu kesehatan masyarakat dan pengenalan kehidupan pasca kampus, serta bagaimana menjadi SDM yang kompeten dalam pergerakan. Dalam kegiatan ini juga mahasiswa di latih untuk dapat mengembangkan diri dan menumbuhkan Soft Skill Public Health maupun soft skil secara informal (minat dan bakat). Tak lupa juga melalui kegiatan ini mahasiwa baru dikenalkan dengan Organisasi Besar yang mengikat seluruh mahasiwa kesehatan masyarakat se- Indonesia yaitu Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI).

Mahasiswa merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang mempunyai posisi strategis didalam lingkungan sosial. Mahasiswa mempunyai dua fungsi penting dalam lingkungan sosial yang diharapkan mampu memberikan kontribusi positif yang real untuk lingkungan disekitarnya. Fungsi pertama dari mahasiswa adalah agent of change (unsur perubahan) yaitu mahasiswa diharapkan mampu memobilisasi kekuatan intelektual untuk merubah lingkungan. Untuk menjadi agent of change yang berkualitas tentu diperlukan adanya media yang dapat membentuk karakter dalam diri mahasiswa, dan salah satunya adalah pelatihan.

Keberhasilan pembangunan nasional Indonesia tidak jauh dari peran mahasiswa, maka dari itu mahasiswa sebagai agent of change diwajibkan untuk memiliki kemampuan dalam mengembangkan soft skill yang baik, selain itu juga mahasiswa harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Hal ini bisa didapatkan melalui pengkaderan, organisasi, dan pelatihan, baik itu pelatihan kepemimpinan, intelektual, dan skil. Kemampuan mahasiswa dalam memecahkan berbagai masalah secara ilmiah akan memberikan perubahan pembangunan terutama pada kesehatan masyarakat.

 

ISMKMI adalah satu-satunya organisasi antar senat mahasiswa kesehatan masyarakat se-Indonesia yang beranggotakan Lembaga Eksekutif Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia, dan didorong semangat dan keinginan luhur sekelompok mahasiswa yang sadar akan peran mahasiswa dalam memecahkan masalah di masayarakat. ISMKMI didirikan oleh 5 Institusi besar yaitu : UNHAS, UI, UNDIP, UNAIR, dan USU pada tanggal 24 Desember 1991 di Ujung Pandang, Makasar.

Didalam ISMKMI selalu mengadakan kegiatan kaderisasi dalam bentuk rangkaian Basic Training of Public Health (BToPH). Basic Training of Public Health (btoph) adalah salah satu sarana pelatihan dan pengenalan dasar bagi mahasiswa baru S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat. BToPH merupakan program rutin tahunan yang diadakan ISMKMI untuk memberikan pelatihan tentang pemahaman mendalam dan mengenalkan dasar Ilmu  Kesehatan Masyarakat dengan pengalaman terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian. Diharapkan mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat dapat memiliki pengetahuan sesuai tujuan kegiatan BToPH ini.

Kegiatan-kegiatan rutin seperti ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa terutama Mahasiswa Universitas Kader Bangsa Palembang untuk lebih maju dan lebih aktif baik dalam bidang akadeik, organisasi, maupun sosial. Agar jiwa-jiwa muda mahasiswa dapat bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia.

BERITA LAINNYA

  • UPCOMING EVENTS