Kader Bangsa Memperingati Hari Dongeng Sedunia

Senin,25 Maret 2019

IMG-20190324-WA0025 copy

Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Kader Bangsa bersama dengan organisasi Literasi IQR memperingati hari Dongeng Sedunia dengan mendonasikan beberapa buku anak-anak dan pakaian ke panti asuhan Az-Zikri tanggal 24 maret 2019.

Hari Dongeng Sedunia ini sebenarnya berawal dari Hari Mendongeng Nasional di Swedia sekitar tahun 1991 sampai 1992. Di sana, Hari Dongeng ini disebut sebagai Alla Beratteres Dag yang berarti Hari Pendongeng. Pada 20 Maret 1997, para pendongeng di Perth, Australia, mengadakan perayaan seperti di Swedia. Di Perth sendiri, perayaan ini disebut Celebration of Story atau yang dikenal sebagai International Day of Oral Narrators. Di hari dan tahun yang sama, para pendongeng di beberapa negara di Amerika Selatan juga memperingati Hari Dongeng Nasional. Dari situ lah akhirnya orang-orang di seluruh dunia menyepakati bahwa 20 Maret itu diperingati sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Tujuan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Kader Bangsa mengadakan kegiatan donasi buku ke Panti Asuhan Az-Zikri adalah untuk meningkatkan minat baca anak-anak yang ada di Panti Asuhan. Mengingat pentingnya membangun budaya membaca sejak usia dini karena dengan membaca, dengan membaca buku-buku dongeng.

Selain itu juga manfaatnya ialah meningkatkan perkembangan kognitif untuk dapat memperluas pengenalan objek seorang anak, pada saat mendongeng, gunakan alat peraga misalnya buku bergambar. Dengan begitu, anak bisa melihat bentuk dari tokoh yang diceritakan dalam dongeng. Selain itu, dongeng juga dapat menambah wawasan. Melalui kisah-kisah dongeng, anak mendapatkan berbagai informasi. Anak juga dapat mempelajari sebab akibat serta belajar menganalisa.

IMG-20190324-WA0024

BERITA LAINNYA

  • UPCOMING EVENTS