Koordinator SPAK Sambangi Universitas Kader Bangsa Palembang

Kamis,03 Januari 2019

IMG_1207

Palembang, UKB Palembang – Dalam rangka memperingati hari Anti Korupsi Dunia yang jatuh pada 9 Desember. Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mennyelenggarakan seminar nasional dengan tema Peran Perempuan Dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia.

Adapun kegiatan yang diadakan pada Rabu (12/12/2018) di Aula Lantai 5 UKB Palembang tersebut, menghadirkan pembicara dari Dosen Fakultas Hukum UKB, Conie Pania Putri dan dari Kepala bagian pemberitaan dan publikasi biro Humas KPK, Yuyuk Andriati Iskak.

IMG-20181212-WA0043-696x329

Diwawancara selepas usai seminar, Yuyuk Andriati Iskak mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, pihak KPK juga memperkenalkan program baru bagi perempuan untuk melawan korupsi.

“Program ini kita namakan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK), yang dimana SPAK sudah mempunyai 1700 agen di seluruh Indonesia, termasuk salah satunya di Sumatera Selatan.” Ujar Koordinator Nasional Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) tersebut.

Menurut yuyuk, peran perempuan dalam pemberantasan korupsi di Indonesia sangatlah penting. Tidak sedikit perempuan di Indonesia terlibat dari kasus korupsi, mulai dari sebagai pelaku operasi tangkap tangan (OTT) hingga menjadi korban pencucian uang.

“Dengan merujuk berbagai kasus yang menjerat kaum perempuan tersebut, agen SPAK ingin memberikan pendidikan anti-korupsi kepada kaum perempuan.” Tuturnya.

IMG_1205

Masih dikatakan dia, pemberantasan korupsi di kalangan mahasiswa sebenarnya dapat dimulai dari kegiatan akademis yang notabene merupakan kegiatan sehari – hari mahasiswa.

“Misalnya saja mahasiswa harus mulai membiasakan untuk tidak mencotek pada saat ujian, melakukan plagiat atau mengambil karya orang lain tanpa izin.” Ucapnya.

Dekan FH UKB Palembang, Davis menyampaikan penyelenggaraan seminar nasional ini merupakan bentuk komitmen dari UKB palembang untuk menciptakan kader bangsa yang profesional dan berintegritas.

“Kita komit menyadari bahwa kehancuran bangsa ini adanya masalah korupsi dan narkoba. Jadi kami sangat komit untuk itu,” ujarnya setelah acara seminar di aula UKB.

Dia mengakui, setiap tahun UKB selalu mengundang KPK, POLRI bahkan BNN untuk memberikan pencerahan. “Mengingat mahasiswa ini termasuk kategori pemuda, maka narkoba bahkan termasuk korupsi akan rentan mereka hadapi. Oleh karena itu, sosialisasi mengenai korupsi maupun narkoba, kita jadikan sebagai agenda rutin yang diadakan di UKB Palembang.” Ujarnya menambahkan

Masih dikatakan dia, terkait dengan tenma seminar, perempuan adalah salah satu tiang bangsa. Bahkan, dalam pendidikan bagi  anak – anaknya, keluarga terutama perempuan sebagai ibu mempunyai peran vital dalam pembangunan karakter si anak.

”Tidak berlebihan rasanya, jika kita menyebut kaum perempuan merupakan madrasah pertama yang akan mendidik serta membekali anak-anak mereka,” Tutupnya. (MSR)

IMG_1207

BERITA LAINNYA

  • UPCOMING EVENTS