Pelantikan Himpunan Mahasiswa dan Ikatan Bujang Gadis Universitas Kader Bangsa

, 23 Agustus 2017 - 11:06:58

IMG-20171218-WA0015

Pada umum kegiatan akademis yang dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi ialah mengenai kegiatan perkuliahan antara dosen dan mahasiswa. Ada juga yang menyebutkan bahwa kegiatan perkuliahan sama halnya berbicara dengan tri dharma perguruan tinggi yaitu kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen. Padahal jika dilihat secara komprehensif, kemajuan suatu institusi perguruan tinggi tidak hanya dilihat dari kegiatan perkuliahan saja maupun kinerja dosen selaku tenaga pengajar. Peran mahasiswa juga sangat dibutuhkan dalam menghidupi suasana pendidikan di perguruan tinggi.

Adapun salah satu peran vital mahasiswa dalam memajukan almamaternya ialah dengan aktif dalam berorganisasi. Hal inilah juga yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Kader Bangsa Palembang (selanjutnya disingkat UKB, red), yang dimana melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UKB banyak mengadakan berbagai kegiatan organisasi, salah satu diantaranya ialah mengadakan pelantikan Himpunan Mahasiswa dan Ikatan Bujang Gadis Kampus Universitas Kader Bangsa Palembang. Sebagaimana disampaikan oleh wakil presiden BEM UKB, Eni Agustina menjelaskan bahwa adanya kegiatan pelantikan ini diharapkan menjadi momentum awal untuk menyemarakkan kegiatan organisasi mahasiswa di lingkungan UKB.

Dia menambahkan dengan banyaknya berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa maupun Ikatan Bujang Gadis Kampus UKB semoga dapat menjadi salah satu faktor penunjang untuk mewujudkan misi menjadikan UKB sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Sumatera Selatan maupun Nasional. Adapun himpunan yang dilantik dalam kegiatan ini terdiri dari HIMTERO (Himpunana Mahasiswa Teknik Rontgen), HMF ( Himpunan Mahasiswa Farmasi), HIMAS ( Himpunan Mahasiswa Analis), HIMAKES ( Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), HIMARO ( Himpunan Mahasiswa Refraksi Optisi ), HIMAPER ( Himpunan Mahasiswa Perawat), HIMABI (Himpunan Mahasiswa Bidan) dan Ikatan Bujang Gadis Kampus UKB.

“hal lain yang menggembirakan dari pelantikan ini ialah, bahwa peserta yang hadir berjumlah 263 dari 275 mahasiswa yang diundang. Padahal sempat ada kekhawatiran bahwa peserta yang hadir sekitar 50 orang.  Namun berkat ikhtiar dan doa yang kuat, jumlah anggota yang hadir melebihi dari ekspetasi yang diperkirakan.” Imbuhnya menambahkkan.

Kepala Bagian Admnistrasi Kemahasiswaan ( BAK) UKB, Medy Purwanto mengharapkan adanya sinergi yang baik antara BEM, Himpunan Mahasiswa maupun IBGK dalam meningkatkan mutu dan solidaritas antar mahasiswa maupun dosen. Di samping itu, dia mengharapkan pelantikan ini tidak sekedar ceremony sesaat saja. Lebih dari itu dia menginginkan keaktifan dari BEM, Himpunan Mahasiswa maupun IBGK untuk giat mengadakan berbagai macam kegiatan yang positif. “saya mengharapkan seluruh anggota yang terlibat dalam kepengurusan berperan aktif dalam merealisasikan kegiatan mahasiswa, tidak hanya terpaku kepada ketua dan wakil ketuanya saja.” Ujarnya menambahkan.

Hal yang tak kalah pentingnya ialah konsistensi dari para anggota untuk aktif berorganisasi. Hampir mayoritas masalah yang dihadapi organisasi ialah konsistensi dan loyalitas anggotanya. Banyak mahasiswa hanya mampu mendirikan organisasi tetapi sulit untuk mempertahankannya. Oleh karena itu, salah satu usaha yang agar organisasi tersebut berjalan dengan konsisten ialah dibutuhkan program kaderisasi yang terstruktur dan tersistematis. Adapun kaderisasi ini juga dapat berjalan optimal apabila tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi program kerja yang dilaksanakan oleh BEM, Himpunan Mahasiswa maupun IBGK UKB terealisasi dengan baik.

Selebihnya, hubungan sinergis antara organisasi mahasiswa terhadap pimpinan atau stakeholders (pihak terkait) dari UKB, salah satunya contoh ialah dosen, harus berjalan beriringan dan saling memahami. “seyogianya pimpinan dari UKB merupakan pengawal dari kesuksesan anggota BEM, Himpunan Mahasiswa maupun IBGK UKB dalam merealisasikan program kerjanya”. Tutup Medy Purwanto. (Syahri, Agus Salim dan Eni Agustina Dkk)

IMG-20171218-WA0024 IMG-20171218-WA0017 IMG-20171218-WA0035 IMG-20171218-WA0041

BERITA LAINNYA

  • UPCOMING EVENTS