Pelatihan Preceptorship dan Mentorship bagi pembimbing Klinik dan Pembimbing Akademik Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Kader Bangsa 08-10 Maret 2020.

Rabu,18 Maret 2020

Palembang, Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Kader Bangsa Palembang mengadakan Pelatihan Preceptorship dan Mentorship bagi pembimbing Klinik dan Pembimbing Akademik pada Senin- Rabu tanggal 08-10 Maret 2020 bertempat di Lantai 3 Universitas Kader Bangsa.
Dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia, diperlukan tenaga Bidan dan Perawat profesional sebagai salah satu kategori tenaga kesehatan yang sangat berperan dalam upaya tersebut. Untuk pengadaan tenaga bidan dan perawat profesional tersebut, maka diselenggarakan Program pendidikan profesi bidan dan profesi perawat dengan menerapkan kurikulum yang disusun dengan proporsi pengalaman belajar praktik lebih banyak dan pembelajaran teori. Pengalaman belajar praktik ini dilaksanakan dalam situasi yang nyata diklinik maupun dikomunitas.
Untuk mengaplikasikan kurikulum tersebut, hampir 60% waktu pembelajaran mahasiswa digunakan untuk memperoleh pengalaman praktik. Oleh karena itu pengalaman pembelajaran klinik harus dikelola dengan efektif, didukung dengan kondisi/situasi belajar yang kondusif sehingga kompetensi yang diharapkan akan tercapai secara optimal.
Namun saat ini ada kesenjangan yang ditemukan pada proses pembelajaran klinik, diantaranya lahan praktik yang belum melaksanakan praktik sesuai standar, pembimbing klinik dengan kemampuan membimbing yang masih sangat bervariasi baik dari segi pengalaman maupun kemampuan, serta jumlah pembimbing klinik yang belum memadai. Keadaan ini tentu saja berdampak pada proses bimbingan klinik yang pada akhirnya berdampak pula pada keterampilan serta mutu lulusan.
Menyadari situasi dan kondisi seperti diatas, perlu diselenggarakan Pelatihan bagi Preseptor/Mentor untuk menjamin terselenggaranya proses bimbingan klinik yang efektif dan optimal. Untuk menghasilkan Pembimbing Klinik (Preseptor) yang berkualitas dan kompeten dalam memberikan asuhan kebidanan dan asuhan keperawatan sesuai dengan standar pelayanan kebidanan, maka Universitas Kader Bangsa Palembang mengadakan pelatihan Pereseptor & Mentor yang diadakan mulai hari Senin- Rabu tanggal 08-10 Maret 2020 bertempat di Lantai 3 Universitas Kader Bangsa.
Pelatihan diikuti oleh seluruh dosen kebidanan dan keperawatan Universitas Kader Bangsa, Pembimbing Klinik atau lahan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas. Lahan praktik yang sudah bekerjasama dengan Universitas Kader Bangsa diantaranya Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit AK. Gani, Rumah Sakit Islam Siti Khodijah, Rumah Sakit Muhammadiyah, Rumah Sakit Palembang Bari, Rumah Sakit Siti Fatimah, dan Puskesmas-Puskesmas diwilayah Kota Palembang.
Pembukaan pelatihan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kebidanan dan Keperawatan UKB, Ibu Hj. Siti Aisyah, S.Psi, SST.,M.Kes sekaligus naraseumber dalam pelatihan ini. Pada kesempatan ini juga “Bunda” sapaan sehari-hari ibu dekan FKK UKB ini menyampaikan bahwa UKB mempunya Program Studi Baru yaitu S-I Kebidanan dan Profesi Bidan serta dalam waktu dekat akan Launcing program Profesi Ners.
Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini adalah senior dan praktisi yang berkompeten dibidangnya yaitu : Ibu Hj. Siti Aisyah, S.Psi, SST.,M.Kes, Ibu Dra. Sarifah Ismet, M.Kes, dan Bapak Ns. Yamin, SKM, S.Kep.,M.Kes. Kegiatan pelatihan berupa ceramah dan praktek simulasi dengan materi: Konsep pembelajaran klinik, metode pembelajaran klinik Preceptor dan Mentor, metode simulasi bimbingan klinik sertaaplikasi role play bimbingan klinik (Coaching, reflective learning, case study dan case presentation).
Acara berlangsung dengan khidmat dan lancar, semua peserta dapat mengikuti dengan baik, diharapkan peserta pelatihan dapat memahami peran sebagai preseptor, menguasai kompetensi praktik kebidanan sesuai dengan evidence based, menguasai asuhan kebidanan yang komprehensif dan mampu melaksanakan bimbingan klinik secara profesional sehingga mempunyai pola bimbingan yang sama antara pembimbing dari pendidikan dengan dari lahan praktik, serta Mampu mengevaluasi keterampilan klinik dengan menggunakan daftar tilik sampai mahasiswa kompeten baik di model maupun di klien langsung. Hasil dari pelatihan ini juga peserta dibekali dengan sertifikat pembimbing klinik supaya dapat mempermudah proses pembimbingan sesuai kebutuhan.

BERITA LAINNYA

  • UPCOMING EVENTS