UKB Perkuat Kerja Sama Internasional : Mahasiswa dan Dosen belajar gratis di CCMS Malaysia

, 02 Agustus 2018 - 13:30:49

IMG-20180120-WA0029-735x400

IMG-20180120-WA0029-735x400

Dalam rangka usaha meningkatkan mutu pendidikan di ruang lingkup Internasional. Setiap perguruan tinggi di Indonesia dituntut harus rutin melaksakan kegiatan atau pun kerja sama internasional di bidang pendidikan. Untuk melaksanakan hal tersebut tentunya institusi tersebut membutuhkan arahan atau nasehat positif yang dapat mengakomodir kebutuhan institusi tersebut.

Hal inilah kemudian melatarbelakangi Universitas Kader Bangsa (selanjutnya disingkat UKB, red) menunjuk sekaligus melantik Ketua Pengarah Malaysia-Indonesia Malindo MBCC, Dato’ Sri Dr Alex Ong sebagai Penasehat Kerjasama Internasional UKB. Kegiatan yang juga diadakan Executive Talk pada Sabtu (20/01/2018) di aula lantai 5 UKB tersebut, merupakan  salah satu wujud nyata bahwa UKB benar – benar serius untuk mewujudkan misi menjadi perguruan tinggi yang bertaraf world class university.

Menurut Rektor UKB, DR, Hj, Irzanita, SH, SE, SKM, MKes menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus UKB Palembang. Bahkan, pengiriman mahasiswa belajar di CCMS tersebut tak hanya mahasiwa saja tetapi juga dosen. Salah satu bentuk kerjasama yang akan direalisasikan berupa pertukaran mahasiswa. Setidaknya ada 20 orang mahasiswa belajar di The Center for Chinese Migration Studies (CCMS) Malaysia secara gratis setiap tahunnya.

_news_20180120195408_mg_5121

“Untuk tahun ini kita baru mengirim tiga orang dosen dulu ke CCMS, kemudian baru mahasiswa yang berprestasi juga kita kirim dengan biaya yang ditanggung pihak kampus,” Ujarnya Menambahkan. Lebih jauh dia menjelaskan, kerjasama di bidang keilmuan sendiri baik dosen dan mahasiswa akan dikirim belajar berasal dari bidang studi kesehatan masyarakat dan farmasi. Sedangkan, durasi belajar sendiri diperkirakan selama tiga bulan. “Untuk durasi akan kita duskusikan lagi, namun hari ini kita sudah melakukan kerja sama bersama pihak CCMS,” Jelasnya.

Sebenarnya kata Irzanita, UKB Palembang sendiri sudah sejak lama menjalin kerjasama dengan kampus luar negeri. Bahkan, sudah ada beberapa kampus di dunia yang menjalin kerjasama dengan UKB Palembang, seperti kampus di  Prancis, Amerika Serikat, Jepang dan kampus luar negeri lainnya. “Kita berharap, dengan adanya kerjasama ini, kualitas kompetensi di kampus UKB menjadi lebih baik lagi,” Terangnya. Selain itu, adanya kerja sama internasional dengan berbagai negara ini merupakan bentuk komitmen sekaligus ajang pembuktian bahwa institusi pendidikan ini seyogianya tidak hanya membangun jalinan kerja sama di tingkat nasional saja. “Mengingat perkembangan arus globalisasi terutama di bidang pendidikan semakin pesat. Maka membangun kerja sama internasional bukan hanya sekedar tuntuttan tetapi sudah menjadi suatu kewajiban institusi pendidikan.” Tutupnya. (MSR & Agus Salim)

BERITA LAINNYA

  • UPCOMING EVENTS