Workshop Pendidikan Karakter Mahasiswa Guna Lawan Dampak Negatif Globalisasi

Kamis,07 Maret 2019

5a508ccc-f1fa-4d9a-99f7-4a26e8d2aeac-2

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaranpandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan teknologi seperti kemunculan internet, menjadi faktor utama dalam terjadinya globalisasi. Bagaikan dua sisi koin, globalisasi membawa dampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia, baik dampak yang positif ataupun yang negatif. Dampak positif dari globalisasi salah satunya adalah adanya keterbukaan informasi yang mendorong masyarakat menjadi semakin terbuka, cerdas, dan berpikir kritis. Namun, dibalik dampak positif itu, juga terdapat dampak negatif globalisasi bagi masyarakat Indonesia, diantaranya adalah westernisasi, sikap individualisme, dan pola hidup konsumtif.

Maka dari itu, RISETEDIKTI (Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) atau LLDIKTI (Lingkungan Lembaga Pendidikan Tinggi) wilayah 2, dimana wilayah 2 ini mencakup Sumsel, Padang, Bengkulu, Babel, dan LampungĀ  mengadakan kegiatan Workshop Pendidikan Karakter Mahasiswa. Workshop ini bertujuan untuk menghindari dampak negatif globalisasi dengan cara melatih karakter mahasiswa, agar mahasiswa memiliki jiwa respect, responsibility, citizenship duty, fairness, caring, dan trusworthiness

Acara ini diadakan di Hotel Harper pada hari Rabu, 6 Maret 2019. Dalam acara ini, dibahas juga mengenai beasiswa-beasiswa yang disiapkan oleh RISETEDIKTI dan LLDIKTI wilayah 2, yaitu ada Bidikmisi dan Mahasiswa Berprestasi. Beasiswa tersebut ada dalam bentuk beasiswa dalam negeri ataupun beasiswa luar negeri.

5009e876-4ca2-463f-a7fe-b2652964d014-2

BERITA LAINNYA

  • UPCOMING EVENTS