JEJAK LANGKAH UKB

Ilmu pengetahuan, profesionalisme, ketakwaan, dan kebangsaan.

YAYASAN KADER BANGSA

Yayasan Pendidikan dan Kesehatan Kader Bangsa merupakan yayasan yang pada saat ini terutama bergerak di bidang pendidikan. Didirikan pada 1999 oleh Bapak H.T Wathan, Msc saat ini Yayasan Pendidikan & Kesehatan Kader Bangsa mengelola sebuah Universitas (Universitas Kader Bangsa) yang bergerak di bidang kesehatan dan non kesehatan dan Rumah Sakit Bersalin Kader Bangsa. Tata ruang seperti ini disesuaikan dengan Visi Yayasan Kader Bangsa Palembang, yang menjadi spirit bagi seluruh sivitas akademika Universitas Kader Bangsa.

Sambutan Rektor

Alhamdullilah atas berkat rahmat Allah SWT kini Universitas Kader Bangsa memiliki website yang dapat memberikan informasi terintegrasi tentang Universitas Kader Bangsa. Kini di era digital, keberadaan website memiliki peranan yang cukup penting dalam menyampaikan informasi disamping media lainnya. Dengan jangkauan yang luas diharapkan keberadaan website ini dapat memberikan kontribusi kepada calon mahasiswa dan mahasiswa khususnya serta masyarakat pada umumnya. Pengembangan sangat dibutuhkan agar website ini menjadi semakin baik, untuk itu saran dan kritik sangat diharapkan dari pengunjung sekalian. Kiranya hanya itu yang dapat disampaikan, lebih kurang saya mohon maaf.

Terima kasih,

DR. Hj. Irzanita, Dra., SH., MM., M. Kes.
Rektor Universitas Kader Bangsa

SEJARAH

Universitas Kader Bangsa yang selanjutnya disingkat UKB merupakan perguruan tinggi swasta yang terdiri atas sejumlah program studi yang menyelenggarakan pendidikan dan atau professional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu yang bernaung di bawah Yayasan Kader Bangsa Palembang (YKB). Awal berdirinya UKB tahun 2000 dengan SK. Mendiknas No. 69/D/O/2001 terdiri dari 10 program studi. Namun sebelumnya YKB telah menyelenggarakan 7 akademik kesehatan dan STIKES sejak tahun 1999 yang digabung ke dalam UKB. Dengan SK. Mendiknas No. 12/D/O/2004 tanggal 30 Januari 2004 tentang penggabungan akademi-akademi dan sekolah tinggi ke dalam UKB di Palembang yang diselenggarakan oleh YKB Palembang dengan SK tersebut Universitas Kader Bangsa Palembang terdiri dari 19 Program Studi.

Our Philosophy

Filosofi kami merupakan pondasi perjalanan UKB dengan motto Ilmu pengetahuan, profesionalisme, ketakwaan, dan kebangsaan.

MAKNA LAMBANG UKB

Bentuk bulat telur. Mengartikan UKB institusi pendidikan yang berperan menyiapkan kader-kader bangsa yang berkualitas dan profesional. Tulisan Yayasan Kader Bangsa menjelaskan bahwa penyelenggara UKB adalah Yayasan Kader Bangsa.
Buku. Mengartikan UKB sebagai Insititusi Pendidikan.
Lilitan ular. Merupakan lambang IDI (Ikatan Dokter Indonesia)
Mangkok. Sebagai lambang farmasi dengan kata lain UKB adalah Institusi Pendidikan dengan bidang kesehatan sebagai program pendidikan unggulan.
IPTAK. Motto civitas akademik untuk selalu berilmu pengetahuan, profesionalisme dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta menjujung tinggi nilai-nilai kebangsaan atau nasionalisme.
Dua aliran gelombang. Menggambarkan air yang mendidih mengartikan UKB sedang dalam proses menggodok mahasiswanya menjadi tahan banting dan mampu bersaing. Makna lain juga merupakan gelombang aliran air sungai Musi yang mengartikan UKB lahir di Kota Palembang dan dipertegas dengan tulisan Palembang.
Warna merah, putih dan hijau. Merupakan lambang berani, bersih sekaligus sebagai spirit nasionalis warna Bendera RI serta lambang kesehatan.

Fasilitas

Universitas Kader Bangsa memiliki area kampus utama seluas ±7500 m2 dengan gedung kampus seluas ±5000 m2 berada di kawasan elit tepat di samping Jembatan Ampera di jantung perekonomian Ibu Kota Palembang yang merupakan lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh akses transportasi.

Pusat Karir

Fasilitas Slider-Pusat Karir
UKB berkomitmen untuk memberikan layanan dan dukungan terbaik untuk para Alumni UKB. Dapatkan informasi tentang peluang karir disini.

Ruang Praktek Terpadu

27
Ruang praktek multifungsi untuk berbagai keperluan praktek mahasiswa Fakultas Kesehatan sekaligus sebagai Klinik kampus

RSU dan Kampus Terpadu

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Merupakan rencana jangka panjang yang sedang dalam proses pembangunan dengan luasa rea kampus mencapai ± 45.000 m2 yang berlokasi di Jl. A. Bastari Jaka baring Palembang yang akan dimanfaatkan untuk kegiatan akademik dan non akademik

Gedung Multifungsi

Fasilitas Slider-Gedung Multifungsi
Gedung dengan fasilitas terstandar yang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan berskala besar yang dapat menampung peserta dalam kapasitas yang cukup banyak.

Rumah Sakit Ibu & Anak Kader Bangsa

34
UKB telah memiliki Rumah Sakit Ibu dan Anak Kader Bangsa yang berlokasi di Jl. Kemerogan No.446 Rt.08 Rw. 02 Kel. Kemas Rindo Kec. Kertapati Palembang, Sumatera Selatan yang dioperasionalkan untuk umum dan sebagai tempat praktek mahasiswa kebidanan dan keperawatan Universitas Kader Bangsa Palembang.

Asrama Mahasiswa

36
Asrama mahasiswa dimanfaatkan untuk mahasiswa berprestasi yang berasal dari luar Palembang dan berlokasi di Jl. Simpang KB Kertapati dengan luas ±150 m2

Kampus Pascasarjana

37
Gedung Pascasarjana Universitas Kader Bangsa berlokasi di Jl. Myjend H. M. Ryacudu No.18 8 Ulu Palembang

Kampus A

40
UKB memiliki area kampus seluas ±7500 m2 dengan gedung kampus seluas ±5000 m2 berlokasi di Jl. HM. Ryacudu No.88 Palembang sebagai pusat aktifitas perkuliahan, kegiatan non akademik dan kegiatan administrasi serta dilengkapi AC, WiFi, Laboratorium Komputer dan Multimedia, Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Kesehatan.

Alat Peraga

Fasilitas Slider-Alat Peraga
Alat peraga berstandar internasional di bidang medis memudahkan Mahasiswa untuk memahami suatu prosedur melalui serangkaian simulasi keadaan pasien yang akan di hadapi dalam praktek kerja nyata.

Laboratorium Kimia

9
Laboratorium dengan perlengkapan terstandar dan lengkap untuk mendukung kegiatan praktikum dan penelitian bagi mahasiswa Fakultas Farmasi

Laboratorium Refraksi Optisi

6
Laboratorium dengan fasilitas dan alat yang memadai untuk mahasiswa Fakultas Kesehatan jurusan Refraksi Optisi

Perpustakaan

Fasilitas Slider-Perpusatakaan
Buku adalah jendela dunia. Kini perpustakaan UKB telah memiliki koleksi buku berkualitas dari berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan, publikasi dan jurnal ilmiah sebanyak lebih dari 4000 eksemplar juga berkomitmen untuk terus menambah koleksi tersebut sebagai bentuk dukungan UKB terhadap ilmu pengetahuan dan penelitian.

KERJASAMA NASIONAL

UKB telah menjalin kerjasama dengan institusi baik swasta maupun pemerintah dalam hal pendaya gunaan mahasiswa dan alumni. UKB telah bekerja sama bertaraf nasional dengan institusi, antara lain :
Tutwuri Handayani
Rumah Sakit
Akademi Angkatan Udara
Tentang UKB
Bakti Husada

KERJASAMA INTERNASIONAL

Untuk menjawab kebutuhan dan tantangan dunia profesional yang berwawasan global, UKB telah bekerja sama dengan sejumlah institusi pendidikan maupun organisasi internasional dalam upaya melakukan pengembangan di bidang riset dan penyelenggaraan pendidikan dan sarana pendidikan.UKB telah bekerja sama dengan institusi bertaraf international, antara lain :
University of Technology Sydney
Universitas Yarsi
Universiti Industri Selangor
Deaking Australia University
Curtin University
Beijing University Of Technology
California State University Long Beach
Hague University of Applied Sciences
Humboldt University
Nanjing Xiaozhuang University
Saxion University of Applied Sciences
San Francisco State University
Universite Catholique De Lille
Zhejiang University