D3 Refraksi Optisi

Refraksi Optisi dalam dunia kesehatan sangat terkait dengan alat rehabilitasi dalam bentuk kacamata maupun lensa kontak (contact lens), serta lensa tanam atau Intra Oculer Lens (IOL) sebagai pengganti lensa asli pada bola mata. Pengertian Refraksi Optisi tidak terbatas hanya pada gejala-gejala optik itu saja tetapi akan mengarah pada pengertian yang lebih luas, yaitu mulai dari penyakit-penyakit mata terutama untuk kelainan refraksi, gejala-gejala yang timbul dari kelainan refraksi, observasi dan inspeksi keadaan bolamata,kegiatan refraksi klinik, penanganan dan pencegahan kelainan refraksi, pembuatan alat rehabilitasi kelainan refraksi, penggunaan alat-alat ukur lensa sebagai pendukung kegiatan refraksi klinik, Laboratorium ophtalmik optik, maupun Laboratorium optikal.

Untuk memahami dan mengerti tentang Refraksi Optisi dengan lebih mendalam tentunya harus belajar pada dunia pendidikan khusus yang berkaitan dengan dunia kesehatan dalam hal ini adalah pendidikan kesehatan mata. Pendidikan dapat ditempuh di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Tenaga Ahli Refraksi Optisi ataupun Optometri biasanya bekerja pada laboratorium optik, dan lensa, optikal, rumah sakit maupun sektor-sektor lain yang berhubungan dengan penanganan kelainan refraksi pada mata. Namun kegiatan dari refraksi optisi yang terbanyak adalah pada optikal maupun laboratorium lensa.

Dalam melahirkan tenaga Ahli Refraksi Optisi Fakultas Kesehatan Univeritas Kader Bangsa menawarkan Program Studi Diploma-III Refraksi Optisi yang berkualitas dan berstandar nasional, demi menunjang program-program kesehatan yang diluncurkan oleh pemerintah untuk menghasilkan lulusan Ahli Madya Refraksi Optisi yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan professional dibidangnya.

Program studi diploma -III Refraksi Optisi Universitas Kader Bangsa telah terakreditasi oleh BAN-PT. Disamping itu, berbagai fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran juga telah tersedia seperti ruang kelas full-AC, sarana multimedia, ruang labolatorium yang lengkap, tenaga pengajar yang berkualitas dibidangnnya. Dengan demikian Fakultas Kesehatan Program Studi Diploma-III Refraksi Optisi Universitas Kader Bangsa siap untuk melahirkan para Ahli Madya Refraksi Optisi yang handal, berkualitas, dan professional dibidang nya.

Diakhir pendidikannya, lulusan Diploma-III Refraksi Optisi Universitas Kader Bangsa akan menyandang gelar (Amd.RO) yang siap bersaing dilapangan kerja secara professional, kompeten, serta siap membuka lapangan kerja sendiri.

Visi

Menjadi program studi D3 REFRAKSI OPTISI yang unggul dalam Pemeriksaan Refraksi Berbasis sistem Informasi di Sumatera selatan Tahun 2024

MISI         

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang unggul

di bidang Refraksionis  Optisien berbasis sIstem informasi

  1. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan tehnologi di bidang Refraksionis Optisisien yang bermanfaat melalui kegiatan penelitian
  2. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang Refraksionis Optisien
  3. Menjalin kerjasama dengan institusi yang berhubungan dengan bidang Refraksionis Optisien
Tujuan       :
  1. Kurikulum ini disusun dengan tujuan memberikan pedoman bagi institusi penyelenggara pendidikan Diploma III Optometri di Indonesia, dalam menyusun kurikulum intitusional untuk menghasilkan lulusan Optometris yang kompeten sesuai kebutuhan nasional.
  2. Tersedianya sarana dan lingkungan yang memadai sehingga dapat mendukung terjadinya proses pembelajaran dan pengembangan pribadi peserta didik melalui teori dan praktek yang tepat.
  3. Diterapkannya perkembangan IPTEK dalam bidang Optometris.
  4. Dihasilkannya lulusan yang kompeten dalam melakukan pelayanan refraksi, pelayanan optisi, dan pelayanan lensa kontak sesuai dengan standar kompetensi lulusan.
  5. Terbinanya kerjasama yang erat dengan institusi lain dalam bidang Optometris.

Gambaran Kurikulum

Kurikulum  Prodi DIII Reraksi Optisi mengacu kepada kurikulum nasional (kurikulum inti) yangberbasis kompetensi dari badan pengembangan pemberdayaan SDM (BPPSDM) tahun 2012 dengan struktur yang jelas dan sistematik per semester dan terlihat dengan jleas keterkaitan antara satu mata kuliah dengan yang lainnya.

Prospek Kerja

1.      PNS

2.      Rumah Sakit

3.      Puskesmas

4.      Optikal

5.      Tenaga peneliti di bidang laboratorium optik

Daftar Sekarang

Information

Fakultas Fakultas Kesehatan
Program Studi D3 Refraksi Optisi
Tipe Program Program Diploma III ( D-III )
Akreditasi Terakreditasi B LAMPT-Kes
Lama Studi 6 (enam) Semester / 3 Tahun (36 Bulan)
Mulai Studi

Download

Galeri Program Studi

Program Studi Tidak Mempunyai Galeri
Lihat semua foto ›