D3 Teknologi Laboratorium Medik

Ahli Teknologi Laboratorium Medik merupakan profesi atau pekerja pada sarana kesehatan yang bertugas melayani pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian bahan yang diambil dari seorang manusia atau bahan yang bukan berasal dari manusia untuk menentukan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan seseorang. Seorang Analis Kesehatan memiliki keterampilan dan tanggung jawab yang besar dalam pemeriksaan sampel.

Seorang ahli Teknologi Laboratorium Medik umumnya bekerja di trium Kesehatan. Beberapa laboratoriun dikenal dengan nama laboratorium patologi klinik yang berfungsi memeriksa sampel berupa cairan-cairan tubuh manusia seperti darah, sputum, faeces, urine, liquor cerebro spinalis (cairan otak), dan lain-lain. Termasuk juga pemeriksaan mikrobiologi (bakteri), parasitologi (fungi, protozoa, cacing), hematologi (sel-sel darah serta plasma), imunologi (antigen, antibodi), kimia klinik (hormon, enzim, glukosa, lipid, protein, elektrolit, dan lain-lain). Laboratorium lainnya dikenal dengan nama laboratorium patologi anatomi yang berfungsi memeriksa sampel berupa jaringan hasil operasi (histopatologi). Selain bekerja di laboratorium klinik atau pada laboratorium rumah sakit pemerintah atau swasta, banyak pula analis kesehatan yang bekerja pada industri makanan dan minuman, obat-obatan, serta kosmetik. Dalam kurikulum pengajaran untuk analis kesehatan ada mata kuliah kimia snalitik, snalisis kimia air makanan dan minuman, serta toksikologi.

Program Studi Analis Kesehatan memang masih jarang dan langka di perguruan-perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Oleh karena itu Fakultas kesehatan Universitas Kader Bangsa menawarkan Program Studi Diploma-III Analis Kesehatan yang berkualitas guna menghasilkan Ahli Madya Teknologi Laboratorium Medik profesional dan kompeten dibidang kesehatan. Serta untuk menunjang program-program kesehatan yang diluncurkan pemerintah sejalan dengan kurangnya tenaga Analis Kesehatan baik ditingkat regional ataupun nasional.

Program Studi Diploma-III Teknologi Laboratorium Medik Universitas Kader bangsa juga telah terakreditasi oleh BAN-PT. Disamping itu, berbagai fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran juga telah tersedia seperti ruang kelas full-AC,sarana multimedia,ruang labolatorium yang lengkap, tenaga pengajar yang berkualitas dibidangnnya, dan rumah sakit kader bangsa untuk menambah wawasan praktik para mahasiswa analis sehingga penyaluran ilmu dapat berlangsung optimal. guna menghasilkan Ahli Madya Analis Kesehatan profesional dan kompeten dibidang kesehatan.

Diakhir pendidikannya,lulusan Diploma-III Teknologi Laboratorium Medik Universitas Kader Bangsa akan menyandang gelar (Amd,AK) dan juga memiliki kesempatan untuk meneruskan atau melanjukan pendidikan ke diploma-IV di perguruan tinggi yang terdaftar DIKTI baik didalam maupun di luar negeri.

FOW00572

Para lulusan Ahli Madya Teknologi Laboratorium Medik Universitas Kader Bangsa siap untuk menjadi Kader-Kader Bangsa dalam mewujudkan kesehatan yang lebih kedepannya dan menjadi tenaga kesehatan yang ahli pada bidangnya.

Visi DIII Teknologi Laboratorium Medik

Visi :

“Menjadi program studi DIII Teknologi Laboratorium Medik yang unggul dalam bidang Diagnostik Tuberkulosis berbasis sistem informasi tahun 2027”

Misi :

1. Menyelenggarakan Pendidikan dibidang laboratorium berbasis Teknologi dan unggul dalam diagnostik Tuberkulosis berbasis sistem Informasi .
2. Melaksanakan penelitian dibidang kesehatan dengan luaran jurnal
3. Melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis laboratorium yang mampu memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat
4. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dasar dan terapan yang berkontribusi terhadap penanggulangan penyakit menular berbasis sistem Informasi
5. Mengembangkan Jejaring kerjasama dengan Pengguna,Pemangku kepentingan dan organisasi dalam penanggulangan penyakit menular berbasis sistem informasi

Tujuan Program Studi DIII Teknologi Laboratorium Medik

  1. Menghasilkan lulusan Ahli Madya Teknologi Laboratorium Medik yang bermutu, profesional, kompetetif, berbudaya, dan berwawasan kesehatan
  2. Menghasilkan penelitian terapan di bidang kesehatan yang terpublikasi pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dan kearifan lokal
  4. Menjalin kerja sama/kemitraan dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri.

Gambaran Kurikulum

Kurikulum Prodi DIII Teknologi Laboratorium Medik mengacu pada kurikulum nasional (kurikulum inti) yang berbasis kompetensi dari badan pengembangan pemberdayaan SDM (BPPSDM) tahun 2010 dengan struktur yang jelas dan sistematik persemester dan terlihat dengan jelas keterkaitan antara satu matakuliah dengan yang lainnya.

Prospek Kerja

Peluang kerja lulusan prodi DIII Teknologi Laboratorium Medik diantaranya 

1.      Pegawai Negeri Sipil

2.      Rumah Sakit

3.      Puskesmas

4.      Laboratorium Swasta

5.      Tenaga Peneliti dibidang Laboratorium Kesehatan

Daftar Sekarang

Information

Fakultas Fakultas Kesehatan
Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medik
Tipe Program Program Diploma III ( D-III )
Akreditasi B LAMPT-Kes
Lama Studi 6 (enam) Semester / 3 Tahun (36 Bulan)
Mulai Studi

Download

Galeri Program Studi

Program Studi Tidak Mempunyai Galeri
Lihat semua foto ›